Uncategorized

Teknologi Pengeringan Padi

Pengeringan adalah  mengurangi kadar air biji sampai pada tingkat yang aman untuk penyimpanan. Ini adalah proses paling kritis setelah proses panen padi.  Ketika padi dipanen, ia akan mengandung kelembaban hingga 25%. Tingkat kelembaban yang tinggi selama penyimpanan dapat menyebabkan perubahan warna butir padi, mendorong perkembangan jamur, dan meningkatkan kemungkinan serangan hama. Ini juga dapat menurunkan tingkat perkecambahan benih padi. Sangat penting untuk mengeringkan padi sesegera mungkin setelah panen, idealnya dalam 24 jam. Keterlambatan dalam proses pengeringan, atau pengeringan yang tidak lengkap,  atau pengeringan yang tidak efektif akan mengurangi kualitas padi dan mengakibatkan kerugian. Metode pengeringan padi meliputi sistem tradisional dan mekanis dengan berbagai kompleksitas teknologi dan kapasitas untuk tingkat pertanian atau komersial.

Sistem Pengeringan Tradisional

Sistem pengeringan tradisional masih dipraktekkan di banyak daerah di Indonesia karena biaya rendah dan kemudahan manajemen. Beberapa metoda pengeringan ini adalah;

Pengeringan Matahari dengan Lantai Jemur
  • Pengeringan matahari adalah menghamparkan  padi di bawah matahari, di atas terpal atau lantai jemur. Beberpa jenis pengeringan matahari adalah :
    1. Pengeringan Terpal/ Mat drying.
    2. digunakan dalam pengeringan skala kecil hingga menengah di mana padi dihamparkan di atas tikar, jaring, atau terpal.
    1. Pengeringan lantai jemur – sering digunakan dalam pengeringan skala besar untuk disimpan atau untuk persiapan proses penggilingan, padi dihamparkan di lantai yang buat khusus dibuat untuk pengeringan.
    2. Pengeringan dan penumpukkan di sawah. Petani memotong malai padi secara manual dan menumpuknya di tumpukan kecil di atas tanggul untuk tujuan pengeringan awal sebelum dilakukan proses perontokkan. Meskipun sangat tidak dianjurkan, sampai sekarang masih banyak petani yang masih melakukan hal ini. Kondisi padi yang terlalu kering akan mengakibatkan kehilangan dan pembusukan yang cukup tinggi.
Menumpuk dipematang sebagai tahap pengeringan awal

Sistem Pengeringan Modern

Dalam system teknologi pengeringan padi modern, menghilangkan air dari butiran padi dengan udara panas sekitar atau dengan cara melalukan udara panas kedalam biji padi. Berbagai jenis pengeringan modern :

  • Pengeringan udara panas – menggunakan suhu tinggi untuk pengeringan cepat. Proses pengeringan diakhiri ketika kadar air akhir yang diinginkan tercapai. Type pengeringan ini ada :
    1. Pengeringan batch   – adalah pengeringan dengan volume tertentu untuk setiap proses pengeringan dari awal sampai selesai, dengan menggunakan satu mesin pengering.  Biasa digunakan oleh petani, penyewa, dan penggilingan padi kecil.
    2. Pengering batch sirkulasi ulang -.  adalah pengeringan dengan volume tertentu untuk setiap proses pengeringan dari awal sampai selesai, dengan menggunakan dua atau lebih mesin pengering.  Membagi jumlah sirkulasi kedalam sejumlah mesin pengering.  Biasa digunakan oleh pabrik beras komersial dan koperasi.
    3. Pengering aliran kontinu – tidak terlalu umum, tetapi digunakan oleh beberapa perusahaan besar yang menangani padi basah dalam volume yang besar.
  • Pengeringan suhu rendah atau pengeringan di dalam storage — lebih mengutamakan mengontrol kelembaban relatif dari pada mengontrol suhu udara pengeringan sehingga semua lapisan butir mencapai kadar air kesetimbangan. Pengering dalam storage menghasilkan butiran berkualitas sangat tinggi tetapi membutuhkan waktu pengeringan yang lama, yaitu empat hari hingga dua minggu.
  • Pengeringan Panel Surya – teknologi pengeringan padi terbaru yang dapat mensimulasikan pengeringan matahari bahkan saat kondisi hujan sekalipun. Ini dilakukan melalui : Pengering gelembung surya – dapat dibuat secara lokal dan digunakan oleh petani kecil.
  • Pengeringan dengan pendinginan – mendinginkan biji ke kondisi penyimpanan yang aman sambil mengeringkannya, memungkinkan biji-bijian disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Source : IRRI

Related posts

Leave a Comment